Minggu, 18 Januari 2015

AGAMA BUMI DAN AGAMA LANGIT



1.      AGAMA SAMAWI ATAU AGAMA LANGIT
Agama samawi atau disebut juga agama langit, adalah agama agama yang berasal dari Tuhan yang duduk di kursi langit ke tujuh yang dipercaya oleh para pengikutnya dibangun berdasarkan wahyu Allah. Beberapa pendapat menyimpulkan bahwa suatu agama disebut agama Samawi jika:
1.      Mempunyai definisi Tuhan yang jelas
2.      Mempunyai penyampai risalah (Nabi/Rasul)
3.      Mempunyai kumpulan wahyu dari Tuhan yang diwujudkan dalam Kitab Suci
Ciri-Ciri Agama Samawi yaitu : 
1.      Agamanya tumbuh secara kelahiran dapat ditentukan dari tidak ada menjadi ada.
2.      Agama ini mempunyai kitab suci yang otentik (ajarannya bertahan/asli dari tuhan) 
3.      Secara pasti dapat ditentukan lahirnya,dan bukan tumbuh dari masyarakat,melainkan diturunkan kepada    masyarakat. 
4.      Disampaikan oleh manusia yang dipilih allah sebagai utusan-nya. 
5.      Ajarannya serba tetap,walaupun tafsirnya dapat berubah sesuai dengan kecerdasan dan kepekaan manusia. 
6.      Konsep ketuhanannya monotheisme mutlak (tauhid). 
7.      Kebenarannya adalah universal yaitu berlaku bagi setiap manusia,masa dan keadaan.
Contoh agama samawi atau agama langit adalah :
1.      Islam
2.      Kristen
3.      Yahudi.
Bila Tuhan yang diyakini oleh ketiga agama bersaudara ini adalah satu dan sama, pendangan para teolog Islam adalah logis. Tetapi ketiga agama ini tidak memuja Tuhan yang satu dan sama. Masing-masing Tuhan ketiga agama ini memiliki asal-usul yang berbeda dan karakter yang berbeda. Yahweh berasal dan ajudan dewa perang, yang kemungkinan berasal dari suku Midian, dan dijadikan satu-satunya Tuhan orang Israel oleh Musa. Jesus salah seorang dari Trinitas, adalah seorang pembaharu agama Yahudi yang diangkat menjadi Tuhan oleh para pendiri Kristen awal. Allah adalah dewa hujan yang setelah digabung dengan dewa-dewa lain orang Arab dijadikan satu-satunya tuhan orang Islam oleh Muhammad. Jadi Yahweh, Trinitas dan Allah adalah tuhan-tuhan yang dibuat manusia.
Beberapa kriteria tambahan untuk Agama Langit/agama Samawi adalah :
1.      Kitab Suci Agama langit mengatakan;  Matahari beredar menurut garis edarnya/orbitnya.(Al Qur’an Surat Yassin, An Abiya,Al Faathir, maupun  Injil Yosua 10/13)
2.      Kitab Suci Agama langit mengatakan: Bumi dihaparkan, langit dibentangkan, gunung ditancapkan sehingga Bumi tidak bergerak untuk selamanya (Al Quran dan Injil).
3.      Kitab Suci Agama Langit mengatakan : Bumi mempunyai tiang-tiang (I Samuel 2/8)
4.      Kitab Suci Agama langit mengatakan : Bumi mempunyai empat sudut (Wahyu 7/1)
5.      Kitab suci Agama langit mengatakan : Bumi tidak pernah bergoyang untuk selamanya (Mazmur 104/5)
6.      Tuhan Injil membawa kekacauan diatas Bumi, Tuhan Injil ( Agama Langit) dalam Matius 10/34  berkata : Jangan kamu menyangka bahwaAku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang.
7.      Tuhan Agama langit tidak mengijinkan menyembah Tuhan-Tuhan yang lain. Masing-masing Agama langit punya Tuhannya sendiri-sendiri yang tidak Boleh disembah oleh yang lainnya, Sehingga di NegaraTimur Tengah paling tidak ada 3 pribadi Tuhan yang masing-masing mempunyai karakter yang berbeda yaitu: Yehovah, Allah Yesus, dan Allah Swt). Masing-masing Tuhan ini akan murka, kalau umatnya menyembah Tuhan yang lain.
8.      Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah, kamu bukan menyembah Tuhan yang Aku sembah. Agamaku agamaku, Agamamu agamamu. (Al Kafiru)
Dari bukti-bukti  no 1-5  diatas, kita mengetahui bahwa penulis kitab Agama Samawi/Agama Langit  adalah penglihatan mahluk yang tinggal di Bumi. Agama Samawi/Agama Langit melihat segala sesuatunya di langit  dan di Bumi dari Bumi. Penulis Kitab Agama Samawi/agama Langit tinggal di Bumi dan tidak pernah ke Langit untuk melihat Bumi dari langit.

2.      AGAMA ARDHI ATAU AGAMA BUMI
Agama Ardhi adalah agama yang berkembang berdasarkan budaya, daerah, pemikiran seseorang yang kemudian diterima secara global. Serta tidak memiliki kitab suci dan bukan berlandaskan wahyu.
Ciri-ciri Agama Ardhi ,yaitu :
1.      Agama diciptakan oleh tokoh agama
2.      Tidak memiliki kitab suci
3.      Tidak memiliki nabi sebagai penjelas agama ardhi/Tidak disampaikan oleh utusan tuhan (rasul)
4.      Berasal dari daerah dan kepercayaan masyarakat
5.      Ajarannya dapat berubah-ubah sesuai dengan perubahan akal pikiran penganutnya.
6.      Konsep ketuhanannya panthaisme, dinamisme, dan animisme. 
7.      Tumbuh secara komulatif dalam masyarakat penganutnya. 
8.      Ajarannya dapat berubah-ubah ,sesuai dengan akal perubahan akal pikiran penganutnya.
9.      Kebenaran ajarannya tidak universal,yaitu tidak berlaku bagi setiap manusia,masa dan keadaan.

Contoh agama ardhi dan agama bumi yaitu
1.      Hindu
2.      Budha
3.      Konghuchu
4.      dll.
Beberapa kriteria untuk Agama Bumi/Agama Ardhi adalah :
1.      Kitab Suci Agama Bumi mengatakan : Bumi berbintik bintik dan bertempat tinggal dilangit. Bumi berputar mengitari Matahari yang bagaikan Ayah (YayurVeda III.6)
2.      Kitab suci agama Bumi mengatakan : Langit dan Bumi bertumpu pada porosnya dan berputar pada porosnya seperti sebuah roda ( RgVeda X.89.4)
3.      Kitab Suci Agama Bumi mengatakan : Bumi bergerak dan bergetar, Bumi bergerak karena api dibagian dalam perut Bumi (AtharvaVeda XII.I.37)
4.      Tuhan Agama Bumi tidak pernah cemburu, maupun iri hati kepada umat Manusia seperti kata dalam Bhagawadgita IX.29 sebagai berikut : Aku tidak pernah iri dan selalu adil terhadap semua mahluk. BagiKu tidak ada yang paling Aku benci dan tidak ada yang paling Aku kasihi. Tetapi yang selalu berbakti kepadaKu, dia akan berada padaKu dan Aku selalu bersamanya.
5.      Tuhan Agama Bumi sangat toleran dan membebaskan umat manusia untuk memilih jalan menuju kepadaNya seperti kata Bhagawadgita IV.11 berikut : Apapun jalan yang ditempuh manusia menuju kearahKu, akan Aku terima sama. Manusia menuju kearahKu dengan berbagai jalan.
6.      Tuhan Agama Bumi hanya Satu, Manusia yang menyebut Banyak seperti mantra RgVeda  I.64.46 berikut : Ekam sadvipra bahuda vadanti artinya Hanya satu Tuhan,orang pintar menyebut dengan banyak nama
7.      Tuhan yang hanya satu juga dipertegas dalam kitab sutasoma Bineka Tunggal Ika tan Hana Dharma mangrua artinya Mekipun berbeda-beda, tetap satu, tidak ada kebenaran (Tuhan) dua.
Dari bukti-bukti no 1-3 maka dapat dipastikan; penulis kitab suci  Agama Bumi tinggal di Langit dan melihat bumi beserta penghuninya dari langit, sehingga Bumi kelihatan Bundar, Bumi berputar mengelilingi Matahari

3.      PERBEDAAN AGAMA SAMAWI ATAU AGAMA LANGIT DENGAN AGAMA ARDHI ATAU AGAMA BUMI
Perbedaan ke dua agama ini dikemukakan oleh Al Masdoosi dalam Living Religius of the world antara lain sebagai berikut:
1.      Agama wahyu berpokok pada konsep keesaan tuhan,sedangkan agama budaya tidak demikian.
2.      Agama wahyu beriman kepada nabi,sedangkan agama budaya tidak.
3.      Agama wahyu sumber utamanya adalah kitab suci yang diwahyukan,sedangkan agama budaya kitab suci tudak penting.
4.      Semua agama wahyu lahir di timur tengah,sedangkan agama budaya lahir diluar itu.
5.      Agama wahyu lahir da daerah-daerah yang berada di bawah pengaruh ras simetik.
6.      Agama wahyu memberikan arah yang jelas dan lengkap baik spiritual maupu material sedangkan agama budaya menitik beratkan aspek spiritual saja.
7.      Ajaran agama wayu jelas dan tagas, sedangkan agama budaya kabur dan elastis.

19 komentar:

  1. Blog ini bahasanya sangat tidak beretika.. Mohon dalam mengkaji sesuatu menggunakan bahasa yang pantas..

    BalasHapus
  2. Allah adalah dewa hujan yang setelah digabung dengan dewa-dewa lain orang Arab dijadikan satu-satunya tuhan orang Islam oleh Muhammad. Jadi Yahweh, Trinitas dan Allah adalah tuhan-tuhan yang dibuat manusia. ( ini dapat opini dari mana)

    BalasHapus
  3. Kami tantang para semua yang suka bermain judi online Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,- registrasi secara gratis. Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !! PIN BB : D61E3506 👉 Whatsapp : +85598249684 👉 L ine : Sinidomino
    poker online

    BalasHapus
  4. Sungguh blog tidak bermanfaat isinya hanya pendapat pribadi

    BalasHapus
  5. Untuk admin,
    Pembahasan mengenai agama, harus dengan ilmu agama, bukan dengan hawa nafsu atau pendapat pribadi saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hawa nafsu dari mananya idiot?? Ini semua sudah ada kajiannya. Lonya aja yang illiterate

      Hapus
  6. Yang terpenting adalah kita saling menghormati... karena kita saudara besar... kita berasal dari spesies mamalia yang selamat dari ledakan asteroid 65 juta tahun yang lalu. Kita semua saudara... semasih agama membuat kita merasa berbeda bahkan benci, itu bukti kita keliru dalam mempelajarinya... pelajari yang memupuk rasa cinta kasih ke semua mahluk dari kitab suci masing masing agama. Jika ada ajaran kebencian itu pasti ulah manusia yang menyelipkannya kedalam kitab suci, kita tidak pernah tau kebenarannya tapi kita harus kritis.

    BalasHapus
  7. Maaf...bisa kah menghentikan membuat blog seperti ..sejujur nya anda telah mengibarkan bendera perang terhadap semua tokoh yg ada dalam tulisan anda..kita masyarakat indonesia adalah masyarakat pluralisme...agama yg anda sebut agama samawi..telah di alui pemerintah karena telah memenuhi syarat2 yg di tentukan untuk bisa diakui sebagai agama

    BalasHapus
  8. Sebenernya tuhan orang Nasrani Yahudi Islam itu tuhanya sama tapi beda sebutan karena beda daerah seperti di Israel penyebutan Tuhan yaitu "elohim"dan kata elohim/arrohim yang berati nama Allah dan dalam Injil orang nasrani menyembah Allah "disebutkan dalam Injil" dan di Injil tidak pernah ada kata trinitas sebenarnya trinitas bukan dari Nasrani melainkan tipuan orang kafir

    BalasHapus
  9. 👍👍👍
    Kalian semua hebat
    Jos gandos.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

About Me

About Me